Selasa, 14 April 2015

TUGAS MANAJ RM



NAMA            : SITI ALKHOERIYAH
NIM                 : 201431063

TUGAS ONLINE:
a.    Faktor apa yang mempengaruhi isi rekam medis!
b.    Jelaskan beda SOMR dengan IMR, silahkan dengankata-kata anda sendiri
c.    Jelaskan beda POMR dengan IMR, silahkan dengankata-kata anda sendiri.

JAWABAN :
A.    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISI REKAM MEDIS

1.    Jenis Pelayanan
a). Ambulatory Care
         Pelayanan Rawat Jalan terdapat di :
a.    Rumah Sakit : UGD, Poliklinik, Day Surgery.
b.    Berdiri sendiri ( bisa juga berafiliasi dg.RS):
• Health Maintenance Organization (HMO)
• Puskesmas ( Neighberhood Health Center)
• Klinik Bedah
• Klinik Gawat Darurat
• Klinik Dialisis
• Pusat Kesehatan Mental
• Praktek dokter: pribadi/ praktek bersama
b). Hospital Acute Care
·         Single Hospital ; milik yayasan, Perkumpulan, Gereja, Pemerintah, pusat                 atau daerah, kementerian kesehatan , BUMN atau dalam bentuk Perusahaan Terbatas (PT)
·         Multi Hospital ( >1 ) dalam berbagai bidang seperti modal, pelayanan, sumber daya manusia untuk menekan beaya. Penggabungan beberapa rumah sakit ini dapat dalam bentuk pelayanan medis (Kontrak, sewa, atau sponsor oleh organisasi pusat)
c). Long Term Care
Pelayanan jangka panjang, dengan fasilitas perawatan dan rehabilitasi.
Length of stay ( LOS ) > 30 hari

Isi RM pada Hospital Acute care berbeda dengan Long term care
Pelayanan jangka panjang di bagi atas:
1) Long term care untuk pengobatan
·         Memerlukan perawatan u/ jangka waktu lama
·         Penyakit Kronis
·         Usia tua
·         Membutuhkan bantuan dan latihan dalam aktifitas keseharian
·         Rawat inap

2) Rehabilitation care untuk pelayanan rehabiliasi
·         Memerlukan perawatan u/ jangka waktu lama
·         Untuk penderita Cacat akibat faktor keturunan, kecelakaan atau cedera lainnya.
·         Usia : semua umur
·         Membutuhkan bantuan dan latihan keseharian yang lebih banyak seperti pendidikan dasar, latihan kerja dll.
·         Rawat jalan dan rawat inap

B.     Jelaskan perbedaan SOMR dengan IMR
SOMR ( Source Oriented Medical Record )
Rekam medis dirumah sakit diorganisir berdasarkan bagian pelayanan yang memberikan pelayanan kepada pasien. Keuntungan  SOMR yaitu laporan yang ada sudah terorganisir sehingga memudahkan untuk menentukan penilaian terhadap pasien, pengobatan yang diberikan kepada pasien dan observasi pada setiap pelayanan yang telah di berikan. Kerugian SOMR yaitu kita tidak mungkin untuk menentukan secara pasti masalah pada pasien dan pengobatan yang telah diberikan kepada pasien pada suatu watu, karena data medis pasien terkumpul dari pelayanan bukan berdasarkan masalah atau integrasi dari waktu berikutnya.
Sedangkan IMR ( Integrated Medical Record )
Didalam IMR semua form disusun secara kronologis pasien dari awal hingga akhir, seluruh sumber pemberi pelayanan dijadikan satu. Keuntungan dari IMR yaitu perkembangan pasien dapat diketahui secara cepat, karena seluruh catatan disatukan, mengurangi jumlah pengisian form dan membuat pekerjaan menjadi pekerjaan tim. Kerugian IMR yaitu pemberi pelayanan hanya satu orang yang dapat mencatat perkembangan pasien pada satu waktu, sehingga sulit untuk mengidentifikasi pekerjaan perorangan.

C.     Jelaskan perbedaan POMR dengan IMR
POMR ( Problem Oriented Medical Record ) pertama kali diperkenalkan oleh Lawrence L. Weed, WD tahun 1960.POMR suatu tipe format RM yang pendokumentasiannya mencerminkan pikiran yang logis pada pelayanan yang diberikan dokter. Dokter menyimpulkan dan mengikuti setiap problem klinis secara individu (sendiri-sendiri) dan memecahkan masalah tersebut secara bersama-sama. Keuntungan POMR yaitu dokter dan tenaga medis lain diharapkan mempertimbangkan semua masalah pasien slama perawatan, catatan yang ada dalam POMR jelas, mutu yang lebih mudah dijaga sebab data sudah tersusun. Kerugian POMR yaitu harus diadakannya pelatihan dan tanggung jawab untuk para staf profesional dan staf medis, masih belum banyak pelayanan kesehatan yang menggunakan POMR banyak yang masih menggunakan SOAP form dari Progress notes.
Sedangkan didalam IMR semua form disusun secara kronologis pasien dari awal hingga akhir, seluruh sumber pemberi pelayanan dijadikan satu. Keuntungan dari IMR yaitu perkembangan pasien dapat diketahui secara cepat, karena seluruh catatan disatukan, mengurangi jumlah pengisian form dan membuat pekerjaan menjadi pekerjaan tim. Kerugian IMR yaitu pemberi pelayanan hanya satu orang yang dapat mencatat perkembangan pasien pada satu waktu, sehingga sulit untuk mengidentifikasi pekerjaan perorangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar